TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 22:1-21

Konteks
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku?
22:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. (22-2) Allahku 1 , Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku 2 ? w  Aku berseru, x  tetapi Engkau tetap jauh y  dan tidak menolong aku. 22:2 (22-3) Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab 3 , z  dan pada waktu malam, a  tetapi tidak juga aku tenang. 22:3 (22-4) Padahal Engkaulah Yang Kudus b  yang bersemayam di atas puji-pujian c  orang Israel. 22:4 (22-5) Kepada-Mu nenek moyang kami percaya; mereka percaya, dan Engkau meluputkan mereka. d  22:5 (22-6) Kepada-Mu mereka berseru-seru, e  dan mereka terluput; kepada-Mu mereka percaya, f  dan mereka tidak mendapat malu. g  22:6 (22-7) Tetapi aku ini ulat h  dan bukan orang, cela bagi manusia, i  dihina j  oleh orang banyak. 22:7 (22-8) Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, k  mereka mencibirkan l  bibirnya, menggelengkan kepalanya 4 : m  22:8 (22-9) "Ia menyerah kepada TUHAN 5 ; biarlah Dia yang meluputkannya, n  biarlah Dia yang melepaskannya! o  Bukankah Dia berkenan p  kepadanya?" 22:9 (22-10) Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; q  Engkau yang membuat aku aman r  pada dada ibuku. 22:10 (22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, s  sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku. 22:11 (22-12) Janganlah jauh dari padaku, t  sebab kesusahan telah dekat, u  dan tidak ada yang menolong 6 . v  22:12 (22-13) Banyak lembu jantan w  mengerumuni aku; x  banteng-banteng dari Basan y  mengepung aku; 22:13 (22-14) mereka mengangakan z  mulutnya terhadap aku seperti singa a  yang menerkam b  dan mengaum. 22:14 (22-15) Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; c  hatiku menjadi seperti lilin, d  hancur luluh e  di dalam dadaku; 22:15 (22-16) kekuatanku kering seperti beling, f  lidahku melekat pada langit-langit mulutku; g  dan dalam debu h  maut Kauletakkan aku. 22:16 (22-17) Sebab anjing-anjing i  mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk j  tangan dan kakiku 7 . 22:17 (22-18) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, k  mereka memandangi l  aku. 22:18 (22-19) Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka 8 , dan mereka membuang undi m  atas jubahku. n  22:19 (22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; o  ya kekuatanku, p  segeralah q  menolong aku! r  22:20 (22-21) Lepaskanlah aku dari pedang, s  dan nyawaku t  dari cengkeraman anjing. u  22:21 (22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa, v  dan dari tanduk banteng. w  Engkau telah menjawab aku!

Mazmur 69:1-21

Konteks
Doa dalam kesesakan
69:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung. Dari Daud. (69-2) Selamatkanlah aku 9 , ya Allah 10 , sebab air y  telah naik sampai ke leherku! z  69:2 (69-3) Aku tenggelam ke dalam rawa yang dalam, a  tidak ada tempat bertumpu; aku telah terperosok ke air yang dalam, gelombang pasang menghanyutkan aku. 69:3 (69-4) Lesu aku karena berseru-seru, b  kerongkonganku kering; mataku nyeri c  karena mengharapkan Allahku. 69:4 (69-5) Orang-orang yang membenci aku d  tanpa alasan e  lebih banyak dari pada rambut di kepalaku; terlalu besar jumlah orang-orang yang hendak membinasakan f  aku, yang memusuhi aku tanpa sebab; g  aku dipaksa untuk mengembalikan apa yang tidak kurampas. 69:5 (69-6) Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku, h  kesalahan-kesalahanku tidak tersembunyi bagi-Mu. i  69:6 (69-7) Janganlah mendapat malu oleh karena aku orang-orang yang menantikan Engkau, ya Tuhan, ALLAH semesta alam! Janganlah kena noda oleh karena aku orang-orang yang mencari Engkau, ya Allah Israel! 69:7 (69-8) Sebab oleh karena Engkaulah j  aku menanggung cela, k  noda meliputi mukaku. l  69:8 (69-9) Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, orang asing bagi anak-anak ibuku; m  69:9 (69-10) sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku 11 , n  dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku. o  69:10 (69-11) Aku meremukkan diriku dengan berpuasa, p  tetapi itupun menjadi cela bagiku; 69:11 (69-12) aku membuat kain kabung q  menjadi pakaianku, aku menjadi sindiran bagi mereka. 69:12 (69-13) Aku menjadi buah bibir orang-orang yang duduk di pintu gerbang, r  dengan kecapi peminum-peminum s  menyanyi tentang aku. 69:13 (69-14) Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya TUHAN, pada waktu Engkau berkenan, t  ya Allah; demi kasih setia-Mu u  yang besar jawablah aku dengan pertolongan-Mu yang setia! 69:14 (69-15) Lepaskanlah aku dari dalam lumpur, supaya jangan aku tenggelam, biarlah aku dilepaskan dari orang-orang yang membenci aku, dan dari air v  yang dalam! 69:15 (69-16) Janganlah gelombang air w  menghanyutkan aku, atau tubir menelan x  aku, atau sumur menutup mulutnya di atasku. y  69:16 (69-17) Jawablah aku, ya TUHAN, sebab kasih setia-Mu z  baik, berpalinglah kepadaku menurut rahmat-Mu yang besar! 69:17 (69-18) Janganlah sembunyikan wajah-Mu a  kepada hamba-Mu, sebab aku tersesak; b  segeralah c  menjawab aku! 69:18 (69-19) Datanglah kepadaku, tebuslah aku, bebaskanlah d  aku oleh karena musuh-musuhku. 69:19 (69-20) Engkau mengenal celaku, e  maluku dan nodaku; semua lawanku ada di hadapan-Mu. 69:20 (69-21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, f  tetapi tidak kudapati. g  69:21 (69-22) Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, h  mereka memberi aku minum anggur asam. i 

Mazmur 88:1-18

Konteks
Doa pada waktu sakit payah
88:1 Nyanyian. Mazmur bani Korah. Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat Leanot. Nyanyian pengajaran Heman, orang Ezrahi. (88-2) Ya TUHAN, Allah yang menyelamatkan aku, d  siang hari aku berseru-seru, e  pada waktu malam aku menghadap Engkau 12 . 88:2 (88-3) Biarlah doaku datang ke hadapan-Mu, sendengkanlah telinga-Mu kepada teriakku; 88:3 (88-4) sebab jiwaku kenyang dengan malapetaka, f  dan hidupku sudah dekat dunia orang mati. g  88:4 (88-5) Aku telah dianggap termasuk orang-orang yang turun ke liang kubur; h  aku seperti orang yang tidak berkekuatan. i  88:5 (88-6) Aku harus tinggal di antara orang-orang mati, seperti orang-orang yang mati dibunuh, terbaring dalam kubur, yang tidak Kauingat lagi, sebab mereka terputus j  dari kuasa-Mu. 88:6 (88-7) Telah Kautaruh aku dalam liang kubur yang paling bawah, dalam kegelapan, dalam tempat yang dalam. k  88:7 (88-8) Aku tertekan oleh panas murka-Mu, l  dan segala pecahan ombak-Mu m  Kautindihkan kepadaku. Sela 88:8 (88-9) Telah Kaujauhkan kenalan-kenalanku n  dari padaku, telah Kaubuat aku menjadi kekejian bagi mereka. Aku tertahan o  dan tidak dapat keluar; p  88:9 (88-10) mataku q  merana karena sengsara. Aku telah berseru r  kepada-Mu, ya TUHAN, sepanjang hari, telah mengulurkan tanganku s  kepada-Mu. 88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu? t  Sela 88:11 (88-12) Dapatkah kasih-Mu diberitakan di dalam kubur, dan kesetiaan-Mu u  di tempat kebinasaan? 88:12 (88-13) Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa? 88:13 (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, v  dan pada waktu pagi w  doaku datang ke hadapan-Mu. x  88:14 (88-15) Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang y  aku, Kausembunyikan wajah-Mu z  dari padaku? 88:15 (88-16) Aku tertindas a  dan menjadi inceran maut sejak kecil, b  aku telah menanggung kengerian c  dari pada-Mu, aku putus asa. d  88:16 (88-17) Kehangatan murka-Mu e  menimpa aku, kedahsyatan-Mu f  membungkamkan aku, 88:17 (88-18) mengelilingi aku seperti air banjir g  sepanjang hari, mengepung aku serentak. 88:18 (88-19) Telah Kaujauhkan dari padaku sahabat dan teman, h  kenalan-kenalanku adalah kegelapan.

Yesaya 52:13-14

Konteks
Hamba TUHAN yang menderita
52:13 13 Sesungguhnya, hamba-Ku 14  q  akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan. r  52:14 Seperti banyak orang akan tertegun s  melihat dia--begitu buruk t  rupanya 15 , bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya u  bukan seperti anak manusia lagi--

Yesaya 53:1-10

Konteks
53:1 Siapakah yang percaya kepada berita 16  z  yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan a  kekuasaan TUHAN dinyatakan? b  53:2 Sebagai taruk c  ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas d  dari tanah kering 17 . Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada 18  sehingga kita memandang dia, dan rupapun e  tidak, sehingga kita menginginkannya. 53:3 Ia dihina dan dihindari 19  orang, seorang yang penuh kesengsaraan 20  f  dan yang biasa menderita g  kesakitan; ia sangat dihina, h  sehingga orang menutup i  mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya 21 , dan kesengsaraan j  kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas k  Allah. l  53:5 Tetapi dia tertikam m  oleh karena pemberontakan n  kita 22 , dia diremukkan o  oleh karena kejahatan kita; ganjaran p  yang mendatangkan keselamatan q  bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya r  kita menjadi sembuh 23 . s  53:6 Kita sekalian sesat t  seperti domba 24 , masing-masing kita mengambil jalannya u  sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan v  kita sekalian. 53:7 Dia dianiaya, w  tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya x  seperti anak domba y  yang dibawa ke pembantaian 25 ; z  seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. 53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman a  ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, b  dan karena pemberontakan c  umat-Ku ia kena tulah. 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik 26 , d  dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, e  sekalipun ia tidak berbuat kekerasan f  dan tipu tidak ada dalam mulutnya. g  53:10 Tetapi TUHAN berkehendak h  meremukkan i  dia 27  dengan kesakitan. j  Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, k  ia akan melihat keturunannya, l  umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana m  olehnya.

Daniel 9:24-26

Konteks
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa 28  telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu d  yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan e  kesalahan, untuk mendatangkan keadilan f  yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, g  sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, h  seorang raja, i  ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa 29  lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. j  9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan k  seorang yang telah diurapi 30 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; l  dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, m  seperti yang telah ditetapkan. n 

Zakharia 13:7

Konteks
Pedang menimpa -- Umat baru
13:7 "Hai pedang, l  bangkitlah terhadap gembala-Ku, m  terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala 31 , sehingga domba-domba tercerai-berai! n  Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.

Lukas 24:25-27

Konteks
24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! 24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya? r " 24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia s  dalam seluruh Kitab Suci 32 , mulai dari kitab-kitab Musa t  dan segala kitab nabi-nabi. u 

Lukas 24:44

Konteks
24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, g  yakni bahwa harus digenapi h  semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa i  dan kitab nabi-nabi j  dan kitab Mazmur. k "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[22:1]  1 Full Life : ALLAHKU.

Nas : Mazm 22:2-32

Mazmur ini, yang paling banyak dikutip dalam PB disebut "mazmur salib" karena begitu rinci melukiskan penderitaan berat Kristus di salib. Perhatikan setidak-tidaknya dua hal tentang mazmur ini:

  1. 1) Ini adalah seruan penderitaan dan kesedihan dari seorang penderita saleh yang belum dibebaskan dari pencobaan dan penderitaan. Dalam arti ini semua orang percaya yang menderita dapat menyatukan dirinya dengan kata-kata dalam doa ini.
  2. 2) Kata-kata dalam mazmur ini mengungkapkan suatu pengalaman yang jauh melebihi pengalaman manusia biasa. Dengan ilham Roh Kudus, pemazmur menubuatkan penderitaan Yesus Kristus ketika disalib dan menunjuk kepada pembenaran diri-Nya tiga hari kemudian.

[22:1]  2 Full Life : ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?

Nas : Mazm 22:2

Yesus mengucapkan seruan mengerikan ini di salib ketika kehadiran Bapa sorgawi-Nya yang memelihara dan melindungi ditarik (Yes 53:10-12; 2Kor 5:21; lih. Mat 27:46). Yesus ditinggalkan oleh Allah karena Ia menderita sebagai pengganti orang berdosa, yaitu menjadi kutuk karena kita (Gal 3:13). Dengan mengutip ayat ini, Yesus juga mengacu kepada seluruh mazmur ini sebagai gambaran diri-Nya.

[22:2]  3 Full Life : AKU BERSERU-SERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB.

Nas : Mazm 22:3

Orang percaya, seperti Yesus sendiri, kadang-kadang mungkin merasa seperti ditinggalkan oleh Allah. Bilamana hal ini terjadi, peganglah teguh kepercayaan kepada Allah dan kebaikan-Nya, sambil tetap berdoa dan mengandalkan Dia (ayat Mazm 22:3-6).

[22:7]  4 Full Life : MENGGELENGKAN KEPALANYA.

Nas : Mazm 22:8

Lih. Mat 27:39 yang menyatakan, "Orang-orang yang lewat di sana

menghujat Dia [Yesus] sambil menggelengkan kepala." Isyarat tepat yang dipakai musuh-musuh Yesus pun dinubuatkan dalam PL.

[22:8]  5 Full Life : IA MENYERAH KEPADA TUHAN.

Nas : Mazm 22:9

Ayat ini menceritakan kata-kata tepat yang akan diucapkan oleh musuh-musuh Tuhan kepada-Nya ketika mereka menyaksikan penyaliban itu (Mat 27:43).

[22:11]  6 Full Life : TIDAK ADA YANG MENOLONG.

Nas : Mazm 22:12-18

Ayat-ayat ini melukiskan perasaan tidak berdaya Tuhan ketika menderita penderaan dan penyaliban yang kejam.

[22:16]  7 Full Life : MENUSUK TANGAN DAN KAKIKU.

Nas : Mazm 22:17

Kata-kata ini pun menubuatkan peristiwa penyaliban (bd. Yoh 20:25;

lihat cat. --> Mat 27:35).

[atau ref. Mat 27:35]

[22:18]  8 Full Life : MEMBAGI-BAGI PAKAIANKU DI ANTARA MEREKA.

Nas : Mazm 22:19

Tentara Romawi melakukan persis seperti yang dinubuatkan ayat ini -- suatu penggenapan nubuat yang menakjubkan (lih. Mat 27:35; Mr 15:24; Luk 23:34; Yoh 19:23-24).

[69:1]  9 Full Life : SELAMATKANLAH AKU.

Nas : Mazm 69:2-37

Mazmur ini, bersama dengan Mazmur Mazm 22:1-32, adalah mazmur yang paling banyak dikutip dalam PB. Kutipan-kutipan itu adalah sbb:

ayat Mazm 69:5 -- Yoh 15:25;

ayat Mazm 69:10 -- Yoh 2:17; Rom 15:3;

ayat Mazm 69:23-24 -- Rom 11:9-10;

ayat Mazm 69:26 -- Kis 1:20.

  1. 1) Penggubah melukiskan seorang dalam keadaan putus asa, sangat menderita dalam segala hal mungkin karena kesetiaannya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya yang benar (ayat Mazm 69:8-13). Ia ingin menyembah Allah sebagaimana diperintahkan oleh Dia (ayat Mazm 69:10-13). Tradisi menyebutkan Daud sebagai penggubahnya (lih. ayat Mazm 69:1), tetapi mungkin juga digubah oleh Hizkia (bd. 2Raj 18:1-20:21; 2Taw 29:1-32:33), Yeremia (bd. Yer 11:19; 12:1) atau seorang Yahudi yang tidak dikenal yang ingin membangun kembali bait Allah setelah pembuangan (bd. ayat Mazm 69:10).
  2. 2) Beberapa bagian mazmur ini melambangkan penderitaan Yesus; akan tetapi, pengakuan dalam ayat Mazm 69:6, dan kutukan-kutukan dari ayat Mazm 69:23-29, tidak dapat dikenakan pada Kristus.

[69:1]  10 Full Life : SELAMATKANLAH AKU, YA ALLAH.

Nas : Mazm 69:2-5

Ungkapan penderitaan orang benar yang tertindas ini juga menangkap perasaan sang Juruselamat ketika Ia menderita penganiayaan dari orang jahat dan mengalami kepedihan mendalam di salib. Demikian pula, setiap orang percaya benar yang mengalami kesulitan besar serta tidak melihat jalan keluar dapat berseru kepada Allah, yakin bahwa sebagaimana Tuhan akhirnya membebaskan Kristus dari semua penderitaan-Nya, Dia juga akan membebaskan semua anak-Nya pada saat yang ditentukan-Nya.

[69:9]  11 Full Life : CINTA UNTUK RUMAH-MU MENGHANGUSKAN AKU.

Nas : Mazm 69:10

Pemazmur menanggung penolakan, keaiban, dan pengasingan karena cintanya bagi rumah dan kerajaan Allah (ayat Mazm 69:7-10). Ia telah berbicara menentang dosa dan memohon kebangunan rohani, pembersihan dan pembaharuan di antara umat Allah; karena ini dia telah menderita di tangan orang yang merasa puas dengan keadaan rohani ketika itu (ayat Mazm 69:10-12).

[88:1]  12 Full Life : SIANG HARI AKU BERSERU-SERU, PADA WAKTU MALAM AKU MENGHADAP ENGKAU

Nas : Mazm 88:2-19

(versi Inggris NIV -- Siang dan malam aku berseru-seru). Beberapa kalangan beranggapan bahwa ini merupakan mazmur yang tersedih. Penggubahnya telah banyak menderita (ayat Mazm 88:4), mungkin dia seorang penderita kusta (bd. ayat Mazm 88:9). Ia merasa ajalnya sudah dekat dan bahwa Allah telah menolaknya (ayat Mazm 88:8,15,17-19). Ia telah berseru siang dan malam kepada Allah, tetapi tampaknya tidak dijawab (ayat Mazm 88:2-3,14). Ia patah hati dan hampir tidak ada harapan lagi. Namun dengan iman ia tidak mau melepaskan Allah; ia mengaku bahwa Tuhan tetaplah Allah yang menyelamatkan dirinya (ayat Mazm 88:2).

  1. 1) Pengalaman pemazmur sangat mirip dengan pengalaman Ayub, walaupun di dalam kasus ini tidak diberi tahu alasan di balik penderitaannya dan diamnya Allah.
  2. 2) Mazmur ini menyatakan bahwa Allah kadang-kadang mengizinkan saat-saat kesusahan dan putus asa di dalam kehidupan orang percaya. Sungguh merupakan pengalaman yang suram bila tidak ada alasan yang jelas untuk persoalan-persoalan kita dan bila Allah terasa jauh sekali. Sepanjang penderitaan semacam itu ada unsur misteri yang baru tersingkap waktu kita bersama Allah di sorga. Sementara itu, baik iman kepada Allah sebagai Dia yang menyelamatkan kita maupun hubungan yang benar dengan Dia adalah penting untuk mengatasi penderitaan itu. Kita tidak boleh lupa bahwa pada akhirnya "baik maut maupun hidup ... baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang ... tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita" (Rom 8:38-39).

[52:13]  13 Full Life : HAMBA YANG MENDERITA.

Nas : Yes 52:13-53:12

Bagian ini berbicara tentang penderitaan dan penolakan Mesias-Hamba, Yesus Kristus. Yesaya bernubuat bahwa melalui penderitaan-Nya banyak orang akan diampuni, dibenarkan, ditebus, dan disembuhkan. Penderitaan-Nya juga akan menghasilkan pengangungan dan pemuliaan-Nya. PB mengutip bagian ini lebih sering daripada bagian PL lainnya.

[52:13]  14 Full Life : SESUNGGUHNYA, HAMBA-KU.

Nas : Yes 52:13

Yesus sang Mesias, Hamba Allah itu, akan melakukan kehendak Allah dengan sempurna dan karena itu akan sangat ditinggikan (bd. Kis 2:33; Fili 2:9; Kol 3:1; Ibr 1:3; 8:1).

[52:14]  15 Full Life : BEGITU BURUK RUPANYA.

Nas : Yes 52:14

Ayat ini melukiskan penganiayaan Yesus oleh orang Yahudi dan tentara Roma pada saat penghakiman dan penyaliban-Nya (bd. Mazm 22:7-9;

lihat cat. --> Mat 26:67).

[atau ref. Mat 26:67]

[53:1]  16 Full Life : SIAPAKAH YANG PERCAYA KEPADA BERITA?

Nas : Yes 53:1

Sekalipun Yesus adalah Mesias Allah, banyak orang akan memutuskan untuk tidak percaya kepada-Nya sehingga dengan demikian gagal menerima keselamatan Tuhan (lih. Yoh 12:38; Rom 10:16). Kurang sekali di antara orang Yahudi yang percaya sungguh ketika Yesus datang pertama kali.

[53:2]  17 Full Life : TUNAS DARI TANAH KERING.

Nas : Yes 53:2

Permulaan kehidupan Yesus di dunia tidak hanya sederhana, tetapi Ia juga datang ketika dunia dilanda kekeringan rohani. Yohanes Pembaptis mulai membangunkan orang kembali sesaat sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya di depan umum.

[53:2]  18 Full Life : TIDAK TAMPAN DAN SEMARAKNYAPUN TIDAK ADA.

Nas : Yes 53:2

Mesias tidak akan memiliki kemuliaan duniawi atau daya tarik jasmaniah. Yang selalu sangat diperhatikan Allah ialah kepribadian, kesalehan, dan ketaatan seseorang, bukan kedudukan di bumi atau kecantikan fisik (bd. 1Sam 16:7;

lihat cat. --> Luk 22:24-30).

[atau ref. Luk 22:24-30]

[53:3]  19 Full Life : DIHINA DAN DIHINDARI.

Nas : Yes 53:3

Yesus Kristus tidak diterima oleh Israel, malahan Ia akan dibenci dan ditolak oleh para pemimpin Israel

(lihat cat. --> Yes 52:14;

lihat cat. --> Mat 26:57).

[atau ref. Yes 52:14; Mat 26:57]

[53:3]  20 Full Life : SEORANG YANG PENUH KESENGSARAAN.

Nas : Yes 53:3

Misi Yesus mencakup penderitaan, sakit, kekecewaan, dan kesedihan besar karena dosa-dosa umat manusia. Demikian juga, semua orang yang mengikut Yesus mungkin akan mengalami penderitaan dan kekecewaan

(lihat cat. --> 2Kor 11:23).

[atau ref. 2Kor 11:23]

[53:4]  21 Full Life : PENYAKIT KITALAH YANG DITANGGUNGNYA.

Nas : Yes 53:4

Ayat ini dikutip dalam Mat 8:17 dalam kaitan dengan pelayanan Yesus menyembuhkan orang sakit -- baik yang sakit secara jasmani maupun rohani. Mesias akan memikul hukuman agar kita dapat dilepaskan dari kelemahan dan penyakit serta dosa-dosa kita. Karena itu, adalah tepat dan baik untuk kita berdoa memohon kesembuhan jasmaniah. Ketika Ia menanggung dosa-dosa kita, Ia juga mengambil penyakit dan kesusahan kita, memikulnya atas diri-Nya dan membawanya (lih. dua catatan berikut).

[53:5]  22 Full Life : TERTIKAM OLEH KARENA PEMBERONTAKAN KITA.

Nas : Yes 53:5

Kristus disalib karena kita telah berdosa dan bersalah di hadapan Allah (bd. Mazm 22:17; Za 12:10; Yoh 19:34). Selaku pengganti kita, Ia menerima hukuman yang seharusnya kita terima dan menanggung hukuman dosa-dosa kita -- hukuman mati (Rom 6:23); karena itu, kita dapat diampuni dan berdamai dengan Allah (Rom 5:1).

[53:5]  23 Full Life : OLEH BILUR-BILUR-NYA KITA MENJADI SEMBUH.

Nas : Yes 53:5

Penyembuhan di sini mengacu kepada keselamatan dengan semua keuntungan rohani dan jasmani. Penyakit dan kelemahan adalah akibat dari kejatuhan manusia dan kegiatan Iblis di dunia ini

(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

"Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu" (1Yoh 3:8). Kristus memberikan karunia-karunia untuk menyembuhkan kepada jemaat-Nya dan memerintah para pengikut-Nya untuk menyembuhkan orang sakit selaku bagian dari pemberitaan kerajaan Allah (Luk 9:1-2,6; 10:1,8-9,19).

[53:6]  24 Full Life : KITA SEKALIAN SESAT SEPERTI DOMBA.

Nas : Yes 53:6

Setiap orang pada saat tertentu telah ingin mengikuti jalannya sendiri yang mementingkan diri dan berdosa daripada menaati perintah-perintah Allah yang benar

(lihat cat. --> Rom 6:1);

[atau ref. Rom 6:1]

kita semua bersalah, dan oleh karena itu kita semua membutuhkan Kristus untuk mati sebagai pengganti kita.

[53:7]  25 Full Life : SEPERTI ANAK DOMBA YANG DIBAWA KE PEMBANTAIAN.

Nas : Yes 53:7

Yesus memikul penderitaan-Nya bagi kita dengan sabar dan sukarela (1Pet 2:23; bd. Yoh 1:29,36; Wahy 5:6).

[53:9]  26 Full Life : KUBUR-NYA DI ANTARA ORANG-ORANG FASIK.

Nas : Yes 53:9

Frasa ini mungkin hanya berarti bahwa Yesus Kristus akan mati bersama dengan orang fasik, atau bahwa tentara Roma bermaksud menguburkan Dia bersama dengan kedua penjahat itu. Namun, sebagaimana dinubuatkan di sini, Dia dikubur dalam kuburan orang kaya (Mat 27:57-60) -- (versi Inggris NIV -- bersama orang kaya dalam mati-Nya).

[53:10]  27 Full Life : TUHAN BERKEHENDAK MEREMUKKAN DIA.

Nas : Yes 53:10

Allah Bapa berkehendak bahwa Anak-Nya diutus untuk mati di salib bagi dunia yang terhilang

(lihat cat. --> Yoh 3:16;

[atau ref. Yoh 3:16]

lihat art. KEHENDAK ALLAH).

Dengan menjadikan Kristus korban pendamaian bagi semua pelanggaran (bd. Im 5:15; 6:5; 19:21;

lihat art. HARI PENDAMAIAN),

rencana penebusan Allah untuk membawa banyak orang kepada keselamatan sudah terlaksana. Yang dimaksud dengan "umurnya akan lanjut" ialah bahwa Dia akan "bangkit dari antara orang mati dan hidup untuk selama-lamanya".

[9:24]  28 Full Life : TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.

Nas : Dan 9:24

Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa" adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama 490 tahun.

  1. 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam kematian Yesus yang mendamaikan.
  2. 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali kepada Allah dalam kebenaran

    (lihat cat. --> Rom 11:26;

    [atau ref. Rom 11:26]

    lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).

  3. 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8; Yeh 37:21-23).
  4. 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd. Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
  5. 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
  6. 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1; Yeh 21:26-27).

[9:25]  29 Full Life : TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.

Nas : Dan 9:25

Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;

lihat cat. --> Ezr 4:11;

lihat cat. --> Ezr 4:23);

[atau ref. Ezr 4:11,23]

anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.

[9:26]  30 Full Life : AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.

Nas : Dan 9:26

Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah "enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483 tahun) dua hal akan terjadi:

  1. 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
  2. 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci. "Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun 70 M

    (lihat cat. --> Luk 21:20);

    [atau ref. Luk 21:20]

    "raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
  3. 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69 dengan yang ke-70.

[13:7]  31 Full Life : PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.

Nas : Za 13:7

Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah Mesias.

  1. 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku" (yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang ilahi.
  2. 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.

[24:27]  32 Full Life : IA MENJELASKAN ... KITAB SUCI.

Nas : Luk 24:27

Mesias dan karya penebusan-Nya melalui penderitaan merupakan tema utama PL. Boleh jadi Kristus mengutip ayat-ayat seperti Kej 3:15; Kej 22:18; Kej 49:10; Bil 24:17; Mazm 22:2,19; 110:1; Yes 25:8; 52:14; Yes 53:1-12; Yer 23:5; Dan 2:24,35,44; Mi 5:1; Za 3:8; 9:9; 13:7; Mal 3:1;

lihat art. KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA.



TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA